Kamis, 17 November 2011

Menembus Kaki Geger Bentang Ke Sungai Cikundul-Cibodas

"Melewati kaki Geger Bentang sampai menembus Taman Mandalawangi, menuju Selaras sampai akhirnya bertemu Lapangan Golf Cibodas dan pemberhentian terakhir ngecamp di sisi Sungai Cikundul" Walaupun gowesnya cuma bertiga tapi team supportnya banayk,hee.. dimulai dimalam hari start gowes dari stasiun bogor sampai Mall Botani Square. Disinilah kita mulai me-loading sepeda kita di Land Rover kesayangannya Bang Rizal Bustami. akhirnya beberapa jam kemudian sampailah di Cibodas tepatnya di Bale Cantigi rumahnya Bang Rizal sekaligus Basecamp temen-temen di Cibodas.
Kenalin dulu ya ini dia Tim Penggowesnya, Bang Ombing, Bang Heri dan Gembos (saya sendiri). nah untuk tim supportnya ada Bang Juned dan Bang Budi sebagai supporting yang mendirikan tenda sampai memasak,hee. Kita memulai perjalanan ini dari belakang sebelah kiri pintu masuk Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP). melewati kebun warga dan akhirnya sampai di kaki Geger Bentang. kami terus menelusuri jalan ini untuk menuju Sungai Cikundul yang di Lapangan Golf Cibodas. sebenarnya seh gampang aja kalau dari Basecamp Cantigi ke Sungai Cikundul lewat Cibodas Golf Park cuma butuh waktu 20 menit tapi kan itu dilarang karena takut merusak rumput-rumput lapangan golf. sedangkan waktu yang kita tempuh dengan cara memotong jalan sampai 7 jam (udah termasuk berleha-leha). Menyusuri Hutan Geger Bentang, melewati sungai bertemu air terjun (yaa walaupun gak terlalu besar)dan akhirnya menembus Taman Mandalawangi Cibodas. Disini kita istirahat dulu sebelum menjajal trek sepedanya Taman Nasioonal Gunung Gede.
Sesudah istirahat, langsung tancap pedal melewati trek sepeda yang masih belum selesai proyeknya. tapi lumayan juga, tanah liat merah yang basah bercampur jalan bebatuan yang tertata rapih. buzzzzzzzzzzzzzzzzzzzz...dengan kencang kami semua mengayuh pedal kami. tibalah kami di Selaras tempat rumah-rumah saung didalam hutan. keren banget tempatnya tapi sayang tidak rawat jadinya terlihat bangunannya rusak. setelah melewati Selaras kami melewati sungai lagi sebelum sesampainya di Cibodas Golf Park (lapangan Golf). Trek yang berumput dan basah membuat kami agak sedikit sulit menggowesnya karena lebih berat terutama dijalanan yang agak menanjak sehingga membuat kami harus TTB (tun tun bike) alias mendorongnya,he. Trek lapangan Golf kita terus mengambil jalan melipir kekiri hingga bertemu sungai. Nah, sungai inilah yang disebut Sungai Cikundul. Terhampar luas kebun-kebun warga dan dilatari Gunung Pangrango, sangat indah dinikmati pemandangan ini. di kebun yang tidak terpakai inilah tempat kami camp.
menikmati dinginnya malam beratapkan bintang membuat susana mengopi kami tambah nikmat. seharusnya ini jadi iklan kopi ney,heee.