Selasa, 15 Mei 2012

Semangat Kartini Untuk Semua

"Kunci Kebahagiaan Adalah Membahagiakan Orang Lain Terlebih Dahulu"


Semua Volunteer.
"photo by Hans"
Siapa yang tak kenal dengan sosok pahlawan perempuan Indonesia yang satu ini? Raden Ajeng (RA) Kartini yang berjuang demi kemajuan bangsa ini dengan gerakannya yaitu emansipasi wanita. Bertepatan dengan tanggal 21 April dimana tanggal tersebut merupakan tanggal bersejarah yaitu Hari Kartini. Biasanya di sekolah-sekolah memperingatinya dengan cara Upacara Bendera dan yang uniknya lagi seragamnya adalah pakaian adat Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Tapi itu dulu sering saya lakukan semasa sekolah. Setelah beranjak kuliah sampai akhirnya kerja, tanggal 21 April saya lewatkan seperti hari biasa lainnya.
                         
Tahun 2012 ini saya melakukan hal yang beda di Hari Kartini. Memperjuangkan semangat Kartini bersama teman-teman Komunitas Brantai dalam acara tahunannya yaitu “bRantai berbagi”. Walaupun tidak sefenomenal RA Kartini tapi paling tidak bisa berbagi kebahagian dan keceriaan dengan anak-anak Sekolah Dasar Kampung Tengah, leuwiliang, Bogor. Awalnya melihat acara baksos ini di Grup Facebooknya Komunitas Berantai, tertariklah untuk menjadi peserta sebagai volunteer. Dan ternyata kebanyakan perempuan yang mendaftar atau menjadi volunteer, mentang-mentang hari Kartini ya harinya perempuan, heee. Tapi gak kalah banyak juga kok para kartono atau lelaki yang ikutan, yaa walaupun bisa kehitung jari seh,hehe. Tetep semangat ya para Kartono.

Adapun kegiatan baksos ini yang disebut ‘bRantai Berbagi’ meliputi kegiatan pendidikan lingkungan hidup dalam bentuk games sains bagi para siswa-siswi SD, kebersihan dan perbaikan fasilitas sekolah, pemberian bingkisan untuk para siswa-siswi, serta penyuluhan pola hidup sehat dan bersih.
bRantai Berbagi, Sekarang Untuk Adik-adik SDN Kampung Tengah Leuwiliang, Bogor
Photo by Deci
20 April malam hari, semua peserta volunteer berkumpul di lapangan parkir depan Trans Tv untuk berangkat bersama ke lokasi. Sepertinya banyak juga yang tidak saling mengenal termasuk saya,hee. Saya hanya mengenal panitianya beberapa orang saja, selebihnya yukkk marii kita berkenalan. Kalo dilihat dari ramenya seh sepertinya peserta berjumlah sekitar 60an. Ada sesuatu yang memikat mata saya dari kerumunan volunteer yaitu sesosok perempuan bule, namanya Saheeda. Wahhh hebat ya, orang bule aja ikutan memperingati Hari Pahlawannya Indonesia, saluutt!! Seperti biasa, jadwal keberangkatan molor, tapi masih tetep semangat kok. Akhirnya sekitar pukul 22.00, 2 truk tronton polisi terisi penuh dengan semua volunteer, dan mari kita berangkat.
Ini dia Saheeda (di tengah) Bule Cantik Yang Ikutan Memperingati Hari Kartini, Sallutt!
Photo by Hans
Akhirnya setelah 2 jam lebih kami sampai di lokasi yaitu SDN Kampung Tengah Leuwiliang, Bogor. Suasana tengah malam terasa  dingin, ini karena lokasinya yang ada di kaki pegunungan dan dikelilingi sawah. Base camp tempat kami tinggal yaitu di SD itu sendiri. Kondisi sekolah yang kurang layak untuk ditempati mengajar. Kelas berjumlah 6 ruangan, tapi yang layak dipakai hanya 3 ruangan saja. Tiga ruangan lainnya  rusak parah, kondisinya sangat mengenaskan, terlihat bobrok sekali terlihat bukan seperti kelas.

Kami semua mengisi beberapa kelas untuk dijadikan tempat istirahat. Walaupun sudah tengah malam, badan terasa capek dan mata mulai mengantuk tapi semua masih semangat untuk ikut briefing acara baksos besok pagi. Semua mulai dibagikan job desc masing2. Ada yang menjadi pendamping adik-adik, penjaga games science dan lain-lain.

Bersenang-Senang Dengan Games Sains

Suasana Di Belakang Halaman Sekolah
Photo by bRantai
Waktu menunjukkan pukul 05.00 pagi,waktunya bangun dan siap-siap untuk berbagi ilmu dan canda tawa seharian dengan teman-teman kecil yang baru. Sabtu pagi ini sangat sejuk dan cerah, sepertinya cuaca bersahabat dengan kami, sama halnya dengan siswa-siswi yang sudah berbondong-bondong datang ke sekolah pagi-pagi buta untuk mengikuti acara hari ini. Hari ini tepat tanggal 21 April 2012, Hari Pahlawan Indonesia yaitu Hari Kartini hari bersejarahnya kebangkitan wanita.
Detik-detik Pengibaran Bendera
Photo by Hans

Hormat Kepada Sangsaka Merah Putih
Photo by Hans
Pukul 07.00 pagi, saatnya kita semua memulai kegiatan hari ini dengan Upacara Bendera. Upacara berjalan dengan hikmat, para guru, siswa-siswi dan semua volunteer mengikuti dengan seksama. Nyanyian lagu Indonesia Raya berkumandang dengan merdunya seiring bendera Merah Putih dikibarkan. “Hiduplah Indonesia Raya” 

Upacara Bendera telah selesai. Sekarang waktunya menghibur adik-adik. Semua siswa-siswi mulai dirapihkan oleh Tika untuk baris dilapangan sesuai dengan kelasnya. Setelah semuanya rapih, kakak-kakak pendamping menemani adik-adik sesuai kelompoknya. Sebelum Games Sains dimulai, yukk semua volunteer kita bersemangat "Tepuk Spirit Of Eight".
Tepuk Spitit Of Eight. Semangat Teman-teman.
Photo by Hans
Merapihkan Barisan Sebelum Games Sains
Photo by Hans
Supaya pagi hari ini semuanya tambah semangat, yukk kita mulai dengan Ice Breaking. “Water melon, water melon.. Orange juice, orange juice.. Banana banana, banana banana.. Papaya, papaya “ semua dengan kompak dan  girang menyanyikannya. Setelah Ice Breaking selesai, semua kakak pendamping mulai mendampingi kelompoknya, kebetulan saya dan Alex mendampingi kelas 3. Saya menamai kelompok ini dengan nama “Kelompok 3 Chibi”. Bikin nama kelompoknya yang aneh-aneh biar seru,hee.
Semangat ya Water Melonnya
Photo by Deci
Ayo semuanya "Water Melon..Water Melon..."
Photo by  ??
Gembos & Alex sedang bermain Kapal aram Dengan Kelompoknya
Photo by Deci

Hayoo Maen Apa??
Photo by Deci
Waktunya Games Sains. Jadi Games ini di bagi menjadi 6 pos. Dimana setiap pos tersebut di jaga oleh 2 kakak penjaga dan games yang berbeda. Kami sebagai kakak pendamping mengajak kelompoknya menuju pos-pos games yang telah disediakan.
Games Balon Membesar Tanpa Ditiup
Photo by Deci
Nah lohh, Air Dibalik Gak Tumpah
Photo by Deci
"Hello What Are You Doing", Telpon Dari Kaleng Susu
Photo by Deci
Ayo Lipat-melipat Membentuk Sesukamu
Photo by Hans
Ada beberapa hal yang saya dan Alex lakukan selama mendampingi adik-adik. Mendampingi mereka dengan semangat agar terus excited, memotivasi adik-adik untuk bertanya , mendorong mereka pentingnya bekerja sama, mengajarkan kebersamaan dan banyak lagi. Jadi, ada satu hal yang terus saya lakukan dengan kelompok saya, yaitu menyemangati mereka dengan yel-yel kami. Gini yel-yelnya, saya teriak “Kelompok 3 Chibi”, dan adik-adikpun menjawab “Chibi..chibi..chibi” sambil kedua tangan di bawah pipi, hee maklum lagi demam grup Girl Band Cherry Bell. Dan berhasil mendoktrin mereka, kalimat "Chibi..Chibi..Chibi" jadi kalimat favorit semua adik-adik, mereka terus berteriak dengan kalimat itu, hee.
Ini dia gaya Chibi..Chibi Yang Fenomenal Di Usung Oleh Gembos
Photo by Deci
Senangnya semua games mereka ikutin dengan riang gembira. Ada beberapa games yang paling mereka senangi, antaranya bagaimana balon bisa membesar tanpa harus kita tiup. Terus, membuat roket dari botol bekas CDR, dan botol itu bisa terbang melompat ke atas. Ada lagi yang bikin penasaran adik-adik, gelas di isi air berwarna dan di tutup kertas, setelah dibalik gak tumpah. Penasaran kan caranya, saya aja gak tau kalo gak liat gimana caranya,hee.
Rocket Terbang
Photo by Hans
Semua permainan dilakukan adik-adik dengan senang, tertawa dan gembira. Dan pastinya menambah ilmu pengetahuan buat mereka. Ternyata belajar di outdoor disertai fun games sangat efektif ya, buktinya saja seperti kelompok yang saya pegang yaitu kelas 3. Mereka langsung cepat paham dan bisa mempraktekannya. Wahhh ini salah satu trik untuk semua guru bagaimana cara menarik minat dan daya tarik belajar siswa-siswinya.
Selesai Games Membentuk Puzle "Aku Bisa Meraih Cita-citaku Dengan Belajar Dan Kerja Keras"
Photo by Hans
Ini Dia Akhir Dari Semua Games Membentuk Puzle
Photo by Deci
Setelah semua games diikuti, waktunya pembagian bingkisan kepada seluruh siswa-siswi, penyerahan buku-buku untuk perpustakaan sekolah dan lain-lain. Setelah semua dibagikan, saatnya photo session. Ini nih hal yang paling menyenagkan,hee.
Penyerahan Bola Dunia Untuk Penunjang Belajar Kepada Bu Guru
Photo by Deci
Penyerahan Bingkisan Untuk Adik-adik
Photo by Deci
Cissss Senyum Ya Semuanya
Photo by Deci

Kerja Bakti

Walaupun seharian dibawah terik sinar matahari, lelah, tenggorokan kering karena sering teriak-teriakan tapi hati senang, muka sumringah, hee. Waktunya makan siang. Menu makan siang yang mantap, ayam goreng, cap cay, lalapan dan sambal terasi yang pedas banget. Makan sudah, solat sudah, istirahat pun sudah. Sekarang waktunya ke pekerjaan selanjutnya, Kerja Bakti. Waktu menunjukkan pukul 02.00 siang. Sebagian perempuan mengerjakan membuat label buku-buku untuk perpustakaan, sebagian lelaki mengerjakan membersihkan & merenovasi musholla dekat SD, dan sebagian lagi membuat lapangan badminton dan bersih-bersih halaman sekolah. Ayooo semuanya semangat!!!
Kerjasama yukkk
Photo by...

Nempelin Label Buku
Photo by Deci

Sedikit cerita tentang kondisi Sekolah Dasar Negeri Kampung Tengah ini. SD ini tidak memiliki ruang perpustakaan, buku-buku perpustakaan, alat pendukung sarana belajar, sarana olahraga, tidak adanya sarana kebersihan yang memadai dan tempat ibadah yang sudah rusak dan kotor. Ditambah lagi tenaga  pengajar hanya berjumlah 12 orang guru, 3 sudah berstatus PNS, 9 lainnya masih berstatus honorer. Ini adalah PR buat teman-teman bRantai dan volunteer lainnya. Inilah alasan kami ada disini untuk sedikit membantu yang bisa kami bantu walaupun hanya dalam 2 hari saja. 
Kondisi Di Dalam Kelas Yang Rusak, ada 3 Kelas Seperti Ini
Photo by Hans
Ini 3 Kelas Yang Sudah Direnovasi Pemerintah
Photo by Hans

Ini Dia Sekolah Terpencil Yang Indah Di Kelilingi Sawah, Sungai dan Pegunungan
Photo by bRantai
Inilah suasana pelabelan buku-buku perpustakaan. Kebetulan saya memilih ikut untuk pelabelan buku-buku. Bukunya buuuaaannnnyyaaakkkk banget, kurang tau seh jumlah persisnya berapa tapi yang pasti mulai dari pukul 14.00 sampe pukul 18.00 baru selesai. Daftar bukunya sudah ada, dan kita tinggal mencocokkannya saja kode buku dengan bukunya. Ada yang membuat kartu peminjaman, ada yang nulis kode buku di label, ada yang melakban & merapihkan buku. Dan sering kali judul buku yanga ada di list gak ada di box, harus beberapa kali mencari baru ketemu, haduhhhh mabok buku kalo kata temen-temen.

Karena ada beberapa alat yang harus dibeli, terpaksa pelabelan sementara dihentikan, ini waktunya saya keluar hirup udara segar dan foto-foto di tengah-tengah sawah. Beberapa teman-teman pun ikutan memilih keluar untuk foto-foto sejenak, yaitu ada Lin-lin, tante nana, femmy, saheeda, rini, sinta dan siapa lagi ya, agak lupa, maaf ya,heee. Pemandangan disini sangat indah sekali, bayangkan saja SD ini dikelilingi sawah nan hijau, di belakang halaman sungai besar yang jernih mengalir dan dikejauhan dikelilingi bukit-bukit yang gagah sepanjang mata memandang. Pokoknya ngeliat hal yang seperti ini temen-temen dan saya kelihatan norak saking senengnya gak berhenti foto-foto. Kaya orang kota masuk desa ya, maklum di Jakarta gak ada, hee.
View Di Sekitar Sekolah
Photo by...
Kami Senang Berbagi
Photo by Hans

Kamipun Senang Berbagi
Photo by Lindriani
Malam hari yang dingin dan berkabut. Kalau suasana seperti ini paling pas membuat api unggun. Ada hal yang gak kami sangka yaitu banyak adik-adik yang datang kesekolahan untuk ikutan, padahal katanya kalau malam didaerah sini sepi. Syukurlah kedatangan kami membuat mereka senang. Akhirnya panitiapun menyalakan film kartun tentang bahaya sampah, dan mereka pun senang.  Api unggun yang lumayan besar berada di tengah-tengah kami, sedikit memberikan kehangatan pada malam ini. Gak lupa dunk makanannya, ayam bakar, ubi & singkong bakar. Makin mantap suasana malam ini diiringi musik yang merdu dari gitar dan suaranya Bang Yasin dkk. Semuanyapun ikut bernyanyi.
Adik-adik Sedang Menonton Film Lingkungan
Photo by Lindriani
Suasana Api Unggun
Photo by Hans

Tracking Ke Curug Cikoneng

Minggu pagi yang cerah. Hari ini jadwalnya adalah tracking ke Curug Cikoneng. Setelah sarapan semua volunteer menuju Curug Cikoneng. Nah untuk menuju kesana, panitia membuat beberapa aturan. Kami semua dibagi 4 kelompok. Temanya adalah Berburu Harta Karun, disetiap perjalanan ada beberapa pos yang harus kami temui untuk harta karun. Yaa dis etiap pos hanya dikasih beberapa pertanyaan. Kebetulan kelompok saya perempuan semua, jadi kita menamainya kelompok KM 12 “Kartini Modern 2012” dan juga punya yel-yel lohh, lagu kartini dibikin rap, hehhe..
Kali Ini Volunteer Yang Dikasih Games Oleh Panitia
Photo by Hans
Ini Dia Bang Sentot Yang Ngerjain Semua Volunteer
Photo by Hans
Sampai juga di Curug Cikoneng, lumayan jauh tracknya, yaa itung-itung olahraga. Sesampainya di curug kami semua berkumpul di pinggir dam air terjun. Panitia membuat kuis dengan berbagai macam hadiah, dan grand prisenya adalah Trip GRATIS ke Karimun Jawa. Woowww siapa yang gak mau. Tadinya saya berharap bisa dapet grand prise tapi apa daya belum rejeki, alhasil Cuma dapet tempat minum, Alhamdulillah. Dan yang mendapatkan grand prisenya adalah Lin-lin, seperti apa yang dia harepin loh. “padahal gua udah lama pengen banget ke Karimun Jawa, akhirnya gua bisa jalan juga, gratis lagi” sambil tersenyum lin-lin mengungkapkan kesenangannya.
Ini Kelompok 4 Kalo Gak Salah Deh
Photo by Arfan
Kelompok Kartini Modern 2012, Yoooyoo..yooo
Photo by Hans
Nah kalo yang ini kelompok Siapa Ya?
Photo by Arfan
Kelompok KM 12, Yoyoooo yoo
Photo By Hans
Sudah siang hari, waktu menunjukkan pukul 13.00, waktunya pulang. Hari ini ada beberapa guru dan adik-adik yang mendatangi sekolah untuk melihat kegiatan kami. Hari ini kami pulang, rasanya gak ingin meninggalkan tempat ini. Masih ingin melihat senyum para adik-adik dan para guru. Apalagi saya punya kenangan tersendiri, adik-adik selalu menyapa saya kalau ketemu dengan sebutan “Kak Chibi”. Oia satu lagi yang paling terkesan yaitu makanannya, dari awal sampe pulang semua makanannya enak-enak, perfecto deh, makasih ya buat Opay dan Bunga.
Air Terjun Cikoneng
Photo by...

Ini Dia Harta Karun Yang Kita Cari "Kunci Kebahagiaan Adalah Membahagiakan Orang Lain Terlebih Dahulu"
Photo by Hans
Save Our Nation Through Education
Semoga saja hal baik yang sudah teman-teman lakukan berbuah dampak positif yang besar untuk siswa-siswi SDN Kampung Tengah sebagai penerus bangsa ini. Terus kibarkan semangat-semangat positif untuk negeri ini. Seperti temanya Acara Komunitas bRantai kali ini, “Semangat Kartini Membentuk Generasi Berprestasi”.  MBOS


Photo by: Deci, Hans, Lindriani, Arfan & bRantai


Special Thanx To:
Komunitas bRantai, Teman-teman Volunteer, Photographer, Tim Dapur Yang Udah Menyediakan Makanan Superr Enak "Opay&Bunga", Adik-adik & Para Guru SDN Kampung Tengah dll yang telah mensukseskan acara ini.

3 komentar: