Senin, 22 Agustus 2011

Perjalanan I'tikafku Yang Pertama


Banyak orang yang berlomba-lomba beramal dan beribadah di Bulan Suci Ramadhan, dan saya pun gak mau ketinggalan dunk untuk jadi pemenangnya. Ramadhan tahun ini ada kegiatan yang beda saya lakukan dari tahun sebelumnya, saya bersyukur sekali akhirnya bisa mencoba kegiatan ini. Kalau saja teman kantor saya si Mba Prieska tidak mengajak, mungkin sampai saat ini di usia saya 24 tahun belum juga melakukan kegiatan itu. ehhhmmmm penasaran ya kegiatan apa seh?? hee maaf ya bikin penasaran. I'tikaf, itulah kegiatan yang saya lakukan dengan teman-teman kantor saya, Mba Prieska dan Ka Lanni di malam ke-21 Ramadhan yang jatuh pada tanggal 20 Agustus 2011 di Masjid Agung Al-Azhar Blok M, Jakarta. Jadi I'tikaf itu adalah berdiam diri di masjid sebagai ibadah yang disunahkan untuk dikerjakan di setiap waktu dan diutamakan pada bulan suci Ramadhan, dan lebih dikhususkan sepuluh hari terakhir untuk mengharapkan datangnya Lailatul Qadr (www.pesantrenvirtual.com). Semoga saja kami bertiga mendapatkannya, Amin...

Sabtu sore 20 Agustus 2011, kita bertiga janjian di Blok M Plaza untuk ketemuan. Janjinya seh jam 5 sore tapi ya taulah jam ngaretnya Indonesia, mereka berdua telat sejam. Alhasil, saya pun keliling-keliling sendirian di Mall sembari menunggu mereka yang terkena macet di jalan. Dua puluh menit pun berlalu, saya pun mulai mencari tempat makan untuk berbuka puasa nanti. Sudah mengelilingi seluruh lantai Mall hingga ke pojok-pojok tetep aja semua Full Booked. "Oh My God, mau cari kemana lagi ney,dari tempat makan yang murah sampai mahal pun Full semua,hufff" dengan nada kesal sambil garuk-garuk kepala. Pukul 17.45 akhirnya Ka Lanni pun tiba, kita berdua langsung saja beranjak keluar mencari tempat makan di emperan jalan depan Blok M Plaza. Nasi goreng & Mie Goreng menu makanan buka puasa kali ini.

Adzan Maghrib pun berkumandang..Allahu Akbar, Allahu Akbar... Alhamdulillah, minum dulu ahhh.. nasi dan mie goreng pun masih lama matangnya. gosip aja dehh. 15 menit kemudian, makananpun tiba, langsung saja kita lahap dengan penuh semangat 45 tapi gak lupa dunk baca Bismillah pastinya. Gak lama kemudia Mba Prieska datang. Setelah makan selesai kami pun mencari Musholla ke dalam Mall yang terletak di lantai 5 diarea parkir. Musholla yang terletak di pojokan area parkir dengan ukurannya yang kecil terlihat sangat ramai sekali, sampai mau Wudhu pun mengantri layaknya mengantri sembako. Setelah selesai sholat kami langsung menuju ke belakang Mall untuk mencari Bajaj. Suara bisingnya bajaj pun tak membuat kami berhenti menggosip walaupun sampe teriak-teriakan segala,heee. Sampai juga deh di Masjid Agung Al-Azhar.


Dari luar pagar, terlihat masjid itu sangat kokoh dan megah. Kami pun mulai menaiki puluhan anak tangga menuju ruangan masjid. Subhanallah...ternyata jamaahnya sangat ramai hingga meluber ke luar ruangan. Kami pun hanya kebagian di luar ruangan. Selanjutnya kami Sholat Isya masing-masing karena sudah ketinggalan berjamaah,heeee..Dilanjutkan lagi mendengarkan ceramah, setelah itu Solat Taraweh pun di mulai dengan jumlah 11 rakaat. Pukul 20.30 Alhamdulillah selesai juga Solat Taraweh, tak lama kemudian seorang Ikhwan berdiri di depan mimbar dengan maksud memberitahukan pengumuman. "Para jamaah sekalian nanti pada jam setengah sepuluh hingga setengah dua belas akan ada ceramah I'tikaf dari Ustadz (saya lupa namanya siapa,he), bagi jamaah yang ingin makan sahurnya disiapkan panitia diharapkan mendaftar dan membayar infaq sebesar sepuluh ribu rupiah" ucap akhwat dengan mengenakan baju koko berwarna hitam.

Asiiikk kami punya jeda waktu sejam lagi sebelum ceramah dimulai. Waktu senggang ini kami manfaatkan untuk tadarus Al-Quran. Setelah 30 menit tadarus, kami keluar ruangan menuju bazaar. Apalagi yang kami cari kalau bukan makanan dan minuman, heee. Waktu sudah menunjukkan pukul 20.45, masuklah kami ke ruangan masjid kembali. Di waktu senggang ini banyak sekali kegiatan yang orang-orang lakukan, ada yang tadarus, ada yang ngobrol, ada yang foto-foto (termasuk kita juga seh,hee) sampai ada yang tidur. Tak lama kemudian datanglah Pak Satpam yang mengenakan seragam berwarna biru tua dengan perutnya yang buncit dan berkumis lebat, "Bangun...bangun..bangun Bu Pak, jangan tidur di masjid, masjid bukan tempat tidur, percuma masa ke masjid cuma tidur saja. ayo bangun..bangun..bangun" dengan keras dan lantang sambil keliling ruangan si Bapak Muftiyah mengingatkan para jamaah.  Pak Muftiyah namanya, beliau tak bosan-b0san selalu menghampiri para jamaah hampir setiap sejam sekali untuk mengingatkan tidak tidur di dalam masjid, Subhanallah, sallut...

Ceramah pun dimulai. Ada yang aneh, kok makin sedikit ya jamaahnya, pada kemana ya para jamaah yang tadi penuh sesak memenuhi masjid ini. Tapi tak apalah, saya, Ka Lanni dan Mba Prieska masih semangat 45 menjalani I'tikaf malam itu. Alhamdulillah selesai juga ceramahnya. Mata saya mulai ngantuk tapi gak boleh terlena ney, langsung aja ke toilet untuk berwudhu lagi, dan mulai seger kembali. Pakai lagi mukena nya dan lanjut tadarus. Ada hal yang membuat mata saya tertarik melihat sesuatu, apakah itu? Siapa sangka seorang ibu dan anak lelaki sekitar umurnya 5 tahun sedang menghafal Al-Quran yang dituntun oleh ibunya. Subhanallah, ternyata suara anak itu sangat merdu sekali. Saya pun terbengong-bengong mendengar lantunan syair ayat-ayat Al-Quran yang sedang dilafadzkannya. Lanjut lagi deh saya tadarusnya, masa ngeliatain anak itu terus nanti dia risih lagi. 

Walaupun judulnya I'tikaf, tapi kita bertiga tetep aja masih sempet bercanda ria di sela-sela waktu yang kosong (trik menghilangkan rasa ngantuk,hee). Sangat menyenangkan pokoknya. Akhirnya pukul 01.30 kita sepakat untuk tidur dulu. Ternyata panitianya sudah menyiapkan ruangan untuk para jamaah beristirahat di aula bawah masjid. Terimakasih ya Panitia. Langsung saja kami bergegas menuju aula untuk tidur. Aula sudah ramai dipenuhi para jamaah dan kita pun dapat tempat tidurnya di baris paling depan (ketahuan deh kalo tidurnya nanti ngorok).

Pukul 03.00 waktunya bangun dan sahur. Di luar masjid panitia sudah menyiapkan makanan sahur untuk para jamaah yang sebelumnya sudah memesan. Sebelum sahur, waktunya Solat Tahajud dulu, ambil wudhu dan segera sholat. Setelah solat selesai, langsung saja kami mengambil makanan di panitia dan melahapnya. Menu sahur kali ini ada nasi, tumis kacang panjang, ayam goreng, sambal, kerupuk dan pisang. Nyam..nyam..nyam..Alhamdulillah kenyang.  Adzan subuh pun mulai berkumandang, waktunya solat subuh. setelah selesai solat di isi dengan ceramah. Isi ceramahnya sangat menarik dan lucu, jadi kita para jamaah gak ngantuk dan tertawa dibuatnya. Lanjut lagi dengan tadarusan selama 30 menit. Hari sudah mulai pagi, waktunya kami pulang. Mudah-mudahan I'tikaf yang walaupun hanya sehari saja dapat bermanfaat untuk saya, Ka Lanni dan Mba Prieska. Ternyata I'tikaf tidak membosankan seperti yang saya bayangkan. Terimakasih Ya Allah... (Mbos)


5 komentar: